Tutorial Chemsketch (III)

image_pdfimage_print

Cara Menggambar Struktur Lewis Menggunakan ChemSketch

Penggambaran struktur molekul menurut Lewis merupakan gambaran yang masuk akal yang bisa diterima selama ini. Visualisasinya biasanya menggunakan dot atau tanda x atau yang lain, boleh juga menggunakan variasi warna. Tujuan penggambaran ini hanyalah untuk memudahkan siapa saja yang ingin memahami struktur atom atau molekul. Cara menggambar struktur Lewis dengan ChemSketch adalah sebagai berikut:

1. Jalankan program Chemsketch dengan mengklik Start > All Program > ACDLABS 12.0 > ChemSketch.

2. Klik F5 atau klik menu Templates > Template Window, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Apabila pada list tidak terdapat pilihan struktur Lewis, maka dapat klik ‘Organizer’ lalu check pada ‘Lewis Structures’.

3. Pilih model struktur Lewis yang diinginkan dengan meng-klik-nya dan kemudian klik pada area kerja ChemSketch. Misal saya memilih struktur Lewis dari CH4.

4. Apabila ingin mengkopi struktur Lewis tersebut, maka pindahkan dari mode Structure ke mode Draw dan aktifkan (klik) ‘Select/Move/Resize’.

5. Klik struktur Lewis tersebut kemudian kopi dengan tombol Ctrl+C atau klik Edit > Copy.

6. Buka pengolah kata yang biasa anda pakai.

7. Letakkan (paste/rekat) pada posisi yang diinginkan, kemudian tekan tombol Ctrl+V atau klik menu Edit > Paste pada area kerja pengolah kata tadi.

Apabila ingin menambah model Lewis yang tidak tersedia dalam Template Windows ChemSketch, maka kita dapat membuat dan memodifikasi sendiri template yang belum tersedia dengan cara sebagai berikut:

1. Buat model struktur Lewis secara manual pada mode Draw. Gunakan atau aktifkan Tool Edit Texts yang berada tepat di bawah ‘Draw’.

2. Mulailah menggambar struktur Lewis satu persatu dan dengan menggunakan beberapa template yang tersedia (seperti dot dll). Misal, ingin membuat struktur Lewis dari PCl3 dapat dibuat seperti berikut:

3. Setelah selesai menggambar struktur Lewis yang diinginkan, lakukan grouping dengan cara seleksi semua gambar tadi lalu klik ‘Group’ atau klik menu Object dan pilih Group.

Untuk mengkopi bagian tertentu tekan tombol Ctrl sambil men-drag apa yang akan dikopi kemudian meletakkan di sisi lain. 4. Setelah selesai pada menu Templates klik Save User Template, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Isikan nama template dan tempat penyimpanan template yang anda buat pada folder tertentu. 5. Template siap digunakan dan secara otomatis ada dalam jendela template windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *