Tutorial Chemdraw

image_pdfimage_print

Menggambar Senyawa dengan ChemDraw

Chemdraw merupakan software kimia dari produk Cabridgesoft.inc. ChemDraw memiliki banyak fungsi, diantaranya membuat nama dan struktur senyawa, membuat struktur streokimia dengan benar dari nama kimia, dan mendapatkan nama IUPAC dengan akurat dari struktur. Perkiraan spektra NMR dari struktur suatu senyawa dengan atom langsung dengan korelasi spektral. Selain itu, ChemDraw dilengkapi dengan peringatan jika terjadi kesalahan dalam pembuatan struktur kimia. Peringatan tersebut biasanya berwarna merah dan mengelilingi bagian struktur yang salah. Berikut cara membuat senyawa N-(4-hydroxyphenyl)ethanamide atau yang biasa disebut parasetamol:

1. Bukalah program ChemDraw, maka muncul tampilan awal ChemDraw seperti ini: 2. Pilih “solid bond” pada toolbox sebelah kiri.

3. Selanjutnya barulah di gambar membentuk parasetamol dengan cara klik mouse kiri tahan dan geser.

4. Semua standar penulisan pada ChemDraw ini menggunakan atom karbon. Jenis atom karbon ini dapat kita ganti dengan cara double klik pada bagian yang kita inginkan untuk dirubah lalu mengisinya dengan senyawa tertentu dan yang perlu diperhatikan harus menggunakan huruf kapital.

Gambar di atas merupakan gambar secara 2D. Untuk mengubahnya menjadi 3D dapat menggunakan toolbox baji hitam. Dengan itu kita nantinya akan mendapatkan stereokimia dari senyawa tersebut. 5. Fasilitas lain yang ada dalam ChemDraw ini adalah simulasi NMR 13C dan 1H. Fasilitas ini dapat ditemukan pada bagian menu file “estimate” urutan kedua dari kanan. Berikut hasilnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *